Wednesday, December 14, 2011

"Patarana" Mendunia Lewat Dunia Maya

 BANDA ACEH - Cobalah klik youtube.com, lalu cari "Patarana Band", dan dengarkanlah musik mereka. Di sini akan kita dengarkan sebuah komposisi musik berkelas. Etnik ke-Aceh-an yang sangat kuat dengan kualitas yang bagus. Band ini memang beda. Aceh kembali melahirkan musisi yang membanggakan.

Patarana adalah sebuah Group band yang dibina oleh seorang Seniman Aceh Rafly , group Band ini lahir dari sebuah pemikiran bahwa musik Aceh harus di kemas dalam bingkai kearifan yang ada dengan tidak mengabaikan arus musik moderen, konsep musik ini yang menjadi awal pemikiran sebagai alternative untuk memenuhi selera seluruh lapisan Masyarakat khusus dibidang musik Etnik dan moderen.


Setelah muncul di youtube.com, nama mereka langsung melejit. Lagu-lagunya bisa dinikmati dari belahan dunia manapun. Sukses yang awalnya diraih dari panggung-panggung festival, berubah simpati dari para penikmat musik di seantero negeri. Nama Patarana Band kini tak asing lagi di telinga. Mereka kini siap mendunia.

Lengkingan suara Ulfa sang Vokalis berhasil menghipnotis ribuan orang. Band yang seluruh personilnya masih duduk di bangku SMU itu, kini terus mempersiapkan diri menjadi band profesional yang siap meramaikan blantika musik Indonesia. Di bawah besutan tangan dingin Rafli sang penyanyi kenamaan Aceh, mereka kini sedang bersiap mengeluarkan albumnya yang pertama.

“Awalnya mereka saya persiapkan untuk mengiringi saya, tapi lama-kelamaan saya befikir bahwa mereka harus menjadi satu band baru yang punya format sendiri,” kata Rafli, saat ditemui The Atjeh Post, di studio rekamannya di kawasan Simpang Tujoeh, Ulee Kareng, pekan lalu.

Rafli menuturkan, nama Patarana Band muncul atas usulan Ulfa, sang Vokalis. Patarana adalah sebutan lain untuk ‘Pliek U’, bumbu masakan tradisional Aceh yang terbuat dari kelapa.Baru berusia empat bulan, Patarana Band telah ikut meramaikan sejumlah festival band lokal dan nasional.


Terakhir, mereka meraih juara dua Road to Java Jazz Festival di Jakarta, Februari lalu. “Aliran musik mereka ini masih belum ditentukan, masih sangat dinamis, kadang bisa Pop, Jazz, Rock dan juga etnik,” kata penyanyi Aceh yang terkenal lewat lagu Seulanga itu.

Band yang digawangi Alol (Bass), Yudha (Drum), Chek (gitar), Ulfa dan Avi sebagai vokalis ini terus berbenah diri. Empat lagu mereka seperti Jodoh, Kasiankan, Detik Waktu dan Aku Tak Mau, telah lebih dulu menyapa penguna internet, lewat laman Youtube dan Facebook.

“Albumnya hampir rampung, dalam waktu dekat ini akan kita keluarkan. Sebenarnya lewat Youtube itu untuk mencari tahu minat masyarakat, dan alhamdulillah apresiasinya cukup besar,” kata Rafli.

Rafli kini juga sedang mempersiapkan proses pematangan pemasaran. Dia berencana akan ikut mengandeng operator seluler, untuk memasukkan lagu-lagu Patarana Band, sebagai nada sambung pribadi. Selain itu, pastinya Rafli terus mematangkan anak asuhnya itu.

“Mudah-mudahan Band ini bisa ikut membawa nama Aceh di kancah nasional. Saya berharap mereka juga bisa tampil dalam pertunjukan musik se-Asia Tenggara, tidak hanya mewakili Aceh, tapi jagad musik melayu raya,” kata Rafli. Penasaran seperti apa lagunya? Anda bisa dengar di bawah ini :





sumber:atjehcyber

1 comments: